KOMODIFIKASI PEMBERITAAN AKSI PROTES PADA HARIAN CENDERAWASIH POS EDISI APRIL-DESEMBER 2016

Ayomi, Hendrik Vallen (2017) KOMODIFIKASI PEMBERITAAN AKSI PROTES PADA HARIAN CENDERAWASIH POS EDISI APRIL-DESEMBER 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dan proses komodifikasi yang dilakukan oleh harian Cenderawasih Pos pada pemberitaan aksi protes yang terjadi di Jayapura edisi April-Desember 2016. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan gabungan kuantitatif-kualitatif (Multiple Method). Dimana secara kuantitatif; analisis isi (Content Analysis) digunakan untuk melacak trend atau pola pemberitaan dalam level teks yang sample headlinenya sebanyak 23 edisi dan halaman depan (bukan headline) sebanyak 7 edisi; sehingga total sampel berjumlah 30 edisi. Sedangkan secara kualitatif; wawancara mendalam (In-depthinterview) dengan pekerja media digunakan untuk mengetahui konteks di balik pembuatan teks tersebut, dengan pendekatan teori ekonomi politik media yaitu komodifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komodifikasi yang terjadi pada pemberitaan aksi protes edisi April-Desember 2016 ialah komodifikasi isi dan khalayak. Dimana Komodifikasi isi terjadi melalui proses pemilihan headline dan penggunaan gambar pada berbagai headline, bahkanCenderawasih Pos mengunakan judul-judul yang kontroversi, sikap tegas, dan saling tuding untuk menjadikan headline yang menarik sehingga memberikan interpretasi yang penuh makna agak menarik minat baca khalayak. Sedangkan komodifikasi khalayak dilakukan melalui proses penempatan iklan dalam halaman sambungan dari headline. Sehingga khalayak yang telah di komodifikasi melalui isi (headline dan gambar pendukung) pada halaman utama akan menjumpai iklan di halaman sambungan. Dimana iklan disini terlepas dari halaman iklan yang telah disiapkan pada halaman iklan. Lalu ideologi dibalik komodifikasi isi dan khalayak ialah ideologi kapitalis yang bekerja untuk kepentingan profit media. Sedangkan kekuasaan dibalik komodifikasi media ialah kekuatan pasar, situasi politik, dan ideologi yang ada dimedia itu sendiri. Kata Kunci : Komodifikasi, Pemberitaan, Media, Ekonomi Politik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 18 Dec 2017 10:58
    Last Modified: 18 Dec 2017 10:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37440

    Actions (login required)

    View Item