“PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TPM 2 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Satria Ramadhan Betawi, Ahmad (2017) “PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TPM 2 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (958Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ahmad Satria Ramadhan Betawi. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TPM 2 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas X TMP 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TPM2 SMK Pancasila Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dilaksanakan dengan cara deskriptif komparatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai bulan Mei 2017. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa pada prasiklus belum ada target yang tercapai, kemudian setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ada 2 indikator yang memenuhi target, dan pada siklus 2 semua indikator memenuhi target. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 33%. Setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ketuntasan siswa meningkat menjadi 63%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta. Kata Kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, kooperatif tipe Jigsaw.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 10:52
    Last Modified: 18 Dec 2017 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37439

    Actions (login required)

    View Item