Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi melalui Penerapan Model Advance Organizer pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017

Ashari, Aginia (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi melalui Penerapan Model Advance Organizer pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (375Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi melalui penerapan model Advance Organizer pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdapat 4 tahap dalam tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti, guru, dan siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Data yang digunakan adalah data pemahaman konsep kegiatan ekonomi, data aktivitas siswa, dan data aktivitas guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Advance Organizer dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan dapat dilihat pada ketuntasan klasikal dari pratindakan sampai dengan siklus II. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal sebesar 30,77% dengan nilai rata-rata kelas 65,42. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 79,17% dengan nilai rata-rata kelas 77,92. Pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata kelas 82. Kata Kunci: pemahaman konsep, kegiatan ekonomi, model Advance Organizer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 10:45
    Last Modified: 18 Dec 2017 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37436

    Actions (login required)

    View Item