EFEKTIVITAS DAN JAMINAN KEBERLANJUTAN SISTEM INFORMASI LINGKUNGAN HIDUP DAERAH (SILHD) BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KUDUS

Akbar, Ginanjar (2017) EFEKTIVITAS DAN JAMINAN KEBERLANJUTAN SISTEM INFORMASI LINGKUNGAN HIDUP DAERAH (SILHD) BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (394Kb)

    Abstract

    Sistem informasi pada lembaga pemerintah menjadi salah satu hal yang memegang peran penting untuk meningkatkan kinerja dan pengelolaan informasi. Salah satu yang menerapkan pengembangan sistem informasi adalah Kementerian Lingkungan Hidup, dengan salah satu produknya yang disebut dengan Sistem Informasi Lingkungan Hidup Daerah (SILHD), sistem ini didasari atas kebutuhan percepatan pengelolaan informasi antara kementerian dan jajaran pada daerah-daerah di bawahnya, serta komunikasi dengan pihak lain yang membutuhkan data mengenai lingkungan. Namun mulai di implementasikan sejak 2014 di tingkat kabupaten, salah satunya di Kabupaten Kudus yang dapat di akses pada alamt http://kabkudus.silh.menlh.go.id terlihat SILHD masih belum berjalan dengan baik. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mencari seberapa efektivitas dan mengetahui faktor yang menjadi syarat keberlanjutan SILHD, metode penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada masyarakat dan pegawai BLH Kabupaten Kudus. Pengumpulan umpan balik dari masyarakat kabupaten kudus terhadap SILHD diperoleh dari kuesioner yang di sebarkan kepada 100 orang responden yang dipilih dengan metode purpose sampling. Dari hasil yang diperoleh menyatakan bahwa 94% tidak mengetahui tentang SILHD sebelumnya, dan setelah melihat website SILHD hanya 18% yang menyatakan mendapat informasi penting dari SILHD. Selanjutnya diadakan pengukuran evektifitas SILHD terhadap para walidata pada BLH Kabupaten Kudus dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean (D&M Information System Success Model). Kuesioner di bagikan kepada 7 orang walidata BLH Kabupaten Kudus yang berhubungan langsung dengn SILHD. Dari hasil perhitungan deroleh nilai index efektivitas SILHD sebesar 54,72% nilai ini masuk dalam range netral atau tidak ada perubahan dengan keadaan sebelum adanya sistem, dengan demikina SILHD belum evektif dalam menunjang kinerja BLH Kabupaten Kudus. Dari hasil regresi didapatkan indikator Kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil bersih atau manfaat total yang di dapatkan, maka yang paling menentukan keberlanjutan dari SILHD adalah kepuasan penggunaan dari walidata terhadap SILHD.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Ilmu Lingkungan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 18 Dec 2017 10:27
    Last Modified: 18 Dec 2017 10:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37429

    Actions (login required)

    View Item