Pengembangan Media Pembelajaran Modul Teknik Pemesinan CNC Frais Berbasis E-Publication Untuk SMK Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

Adi R, Muchamad Yusuf (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Modul Teknik Pemesinan CNC Frais Berbasis E-Publication Untuk SMK Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    Hampir tiap pelajar kini memiliki smartphone dan hampir tiap hari mereka selalu menggunakannya. Perkembangan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone, sehingga keberadaan smartphone dapat membantu siswa dalam pembelajaran . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran modul berbasis e-publication yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahap yakni konsep, desain, pengumpulan material, penyusunan, pengujian, dan distribusi. Pada tahap konsep dilakukan analisis kebutuhan siswa dengan menggunakan instrumen penilaian berupa kuesioner gaya belajar VARK. Tahap pengujian meliputi pengujian sistem dan pengujian oleh ahli. Pengujian ahli dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi dengan menggunakan instrumen penilaian berupa kuesioner yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi terhadap media pembelajaran dilakukan oleh guru pengampu mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa calon pengguna media pembelajaran memiliki jenis gaya belajar read sehingga modul yang dikembangkan didominasi berupa teks. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis e-publication yang telah dikembangkan dapat digunakan pada smartphone dengan kapasitas RAM 512 MB. Hasil validasi ahli diperoleh prosentase sebesar 78,87% dan termasuk dalam kategori baik. Respon oleh guru mata pelajaran memperoleh prosentase sebesar 96,4% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Modul berbasis e-publication dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Smartphones are electronic devices that are already widely owned by the public, especially by students. Almost every student has a smartphone and almost every day they always use it. The development of these technologies can be utilized in the education by developing a instructional material based on smartphone so that the existence of smartphones can help students in learning. The research aims to develop an e-publication module by identify the student profile. The development of instructional material follows the MDLC(Multimedia Development Life Cycle) model of MDLC consist of 6 stages : concept, design, collecting material, assembly, testing, and distribution. In the concept phase, the students profile was identified using learning style questionnaire and preference assessmen by VARK questionnaire . The testing phase encompasses system testing and testing by experts. Expert judgement was performed by 2 instructionl material experts and 2 experts of the subject assesment instrument issued by National Education Standard Institution. Evaluation of instructional material was performed by subject teachers. The results of this research showed that the majority of media users have read learning style so that the module develop is dominated in the form of text. The test results showed that media learning system based e-publication that has been developed can be used on smartphones with a capacity of 512 MB RAM. Expert validation results obtained percentage of 78.87% and categorized as good. Response by the subject teachers earned a percentage of 96.4% and categorized as very good. E-publication can help students to learn independently using smartphone.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 16 Dec 2017 14:21
    Last Modified: 16 Dec 2017 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37409

    Actions (login required)

    View Item