EVALUASI PENERAPAN METODE DRILL PADA PELAJARAN BAHASA TIONGHOA KELAS 2 DAN 3 DI SEKOLAH NASIONAL TIGA BAHASA SD BINA WIDYA SOLO

SILVANA, SHEREN (2017) EVALUASI PENERAPAN METODE DRILL PADA PELAJARAN BAHASA TIONGHOA KELAS 2 DAN 3 DI SEKOLAH NASIONAL TIGA BAHASA SD BINA WIDYA SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (438Kb)

    Abstract

    Laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis atas tingkat keberhasilan metode drill yang diterapkan oleh guru pamong dalam pembelajaran bahasa Tionghoa di kelas 2 dan 3 SD Bina Widya Solo. Berdasarkan hal itu, maka penulis mencoba meneliti dengan cara terjun secara langsung untuk melihat hasil dari penerapan metode drill di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SD Bina Widya Solo. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui apakah metode drill dapat membantu mengoptimalkan hasil pembelajaran bahasa Tionghoa siswa SD Bina Widya Solo dan untuk mengetahui hambatan dan cara mengatasi kesulitan yang dihadapi murid-murid di SD Bina Widya Solo dalam proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Tionghoa. Penulis dalam tugas akhir ini, menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumen pribadi sekolah. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode drill dapat membantu meningkatkan pemahaman kosa kata pembelajaran bahasa Tionghoa siswa SD Bina Widya Solo sehingga dapat membantu mengoptimalkan hasil belajar. Hal ini dikarenakan pembahasan yang dilakukan secara berulang-ulang akan memudahkan siswa dalam memahami materi. Hal itu dapat dilihat dari rata – rata nilai hasil ujian di kelas 2 yang mengalami kenaikan dari 84,6 menjadi 94,3 pada waktu UTS mengalami kestabilitasan rata-rata kelas 94,3. Sedangkan kelas 3 mengalami penurunan dari 69,3 menjadi 68,3 pada waktu UTS mengalami kenaikan yang signifikan dengan rata-rata kelas 84,9. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill mampu membantu dalam usaha meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Tionghoa bagi kelas 2 dan 3 di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SD Bina Widya Solo.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 15 Dec 2017 07:34
    Last Modified: 15 Dec 2017 07:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37391

    Actions (login required)

    View Item