Tinjauan Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Berdasarkan Jenis Usaha Dalam Pelaporan SPT Masa PPN Tahun 2014-2016 Pada KPP Pratama Sukoharjo

PRATIVI, SEPTIANA DHIAN (2017) Tinjauan Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Berdasarkan Jenis Usaha Dalam Pelaporan SPT Masa PPN Tahun 2014-2016 Pada KPP Pratama Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak dalam pelaporan SPT Masa PPN berdasarkan jenis usaha tahun 2014-2016 pada KPP Pratama Sukoharjo. Metode studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada pegawai KPP Pratama Sukoharjo, melakukan analisis data yang diperoleh dari KPP Pratama Sukoharjo, studi kepustakaan dan metode pengumpulan literaure secara online. Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Pada tahun 2014-2015 tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak dalam pelaporan SPT Masa PPN pada KPP Pratama Sukoharjo mengalami penurunan yang salah satunya dikarenakan oleh perubahan sistem pelaporan SPT Masa PPN menjadi elektronik atau e-faktur, dan pada tahun 2015-2016 tingkat kepatuhan PKP dalam pelaporan SPT Masa PPN pada KPP Pratama Sukoharjo mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, kenaikan tingkat kepatuhan PKP dalam pelaporan SPT Masa PPN salah satunya dikarenakan oleh penyuluhan wajib pajak secara intensif dan kunjungan yang dilakukan Account Representative ke lokasi usaha wajib pajak guna menggali potensi PPN. Penulis memberikan rekomendasi kepada pihak KPP Pratama Sukoharjo dalam upaya peningkatan tingkat kepatuhan PKP dalam pelaporan SPT Masa PPN KPP Pratama Sukoharjo antara lain: seharusnya KPP Pratama Sukoharjo melakukanorientasi peningkatan sumber daya manusia, penyuluhan wajib pajak secara intensif, melalui pemeriksaan pajak yang berwewenang dalam menguji tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak, dan menggunakan e-filing dan e-billing untuk menyetor pajak terutang, dan membayar pajak. Kata Kunci: Tingkat Kepatuhan PKP, Pelaporan SPT Masa PPN, Jenis Usaha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 15 Dec 2017 07:24
    Last Modified: 15 Dec 2017 07:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37387

    Actions (login required)

    View Item