Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2016)

S, MITRA LIDWINA (2017) Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (632Kb)

    Abstract

    Perusahaan dengan kinerja manajemen yang baik akan mampu mempertahankan keberlanjutan hidupnya dan menghindari kondisi financial distress. Penghindaran terhadap kondisi tersebut dapat dilakukan dengan mengimplementasikan corporate governance dengan baik. Mekanisme corporate governance akan meningkatkan kinerja perusahaan dan menjauhkan perusahaan dari kondisi financial distress. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh mekanisme corporate governance, yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, komisaris independen dan corporate social responsiblity terhadap financial distress. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2016 yang mengalami earning per share (EPS) negatif selama dua tahun berturut-turut dan yang mengalami earning per share (EPS) positif selama dua tahun berturut-turut dengan total sampel 124. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis dengan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, komisaris independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress sedangkan corporate social responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress. Kata kunci : financial distress, mekanisme corporate governance, earning per share, corporate social responsibility

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Dec 2017 01:00
    Last Modified: 15 Dec 2017 01:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37382

    Actions (login required)

    View Item