Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Immanuel melalui Wisata Immanuel

Maggandhini, Metta Tysdya (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Immanuel melalui Wisata Immanuel. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (348Kb)

    Abstract

    Untuk mencapai komunikasi yang efektif, strategi komunikasi pemasaran harus direncanakan dengan baik. Strategi komunikasi pemasaran dapat dijadikan acuan untuk merencanakan dan mengembangkan kegiatan pemasaran suatu perusahaan radio. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Immanuel Surakarta melalui acara “Wisata Immanuel”. “Wisata Immanuel” dipilih sebagai strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target sasaran yang lebih luas. Penelitian ini dilaksanakan di Radio Immanel Surakarta, yang beralamatkan di Jalan D.I. Panjaitan, Banjarsari, Solo. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini didukung dengan data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis interaktif. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian, Radio Immanuel melaksanakan terlebih dahulu strategi komunikasi melalui empat langkah strategi komunikasi berdasarkan teori Hafied Cangara, yaitu menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak, menyusun pesan, kemudian memilih media dan saluran komunikasi. Dan di dalam menyusun pesan untuk sampai kepada target sasaran, teori bauran promosi Kotler diterapkan oleh Radio Immanuel sebagai strategi komunikasi pemasaran melalui acara “Wisata Immanuel. Bauran promosi yang dilaksanakan adalah adverstising, sales promotion, public relation, personal selling, dan word of mouth. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Radio Immanuel cukup berhasil menjangkau target sasaran di tengah persaingan radio swasta di Kota Solo, namun kegiatan promosi tetap harus lebih dikembangkan dan ditingkatkan lebih baik lagi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Dec 2017 00:04
    Last Modified: 15 Dec 2017 00:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37378

    Actions (login required)

    View Item