PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN A SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Salaluddin, Salaluddin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN A SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (725Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini sebagi berikut : (1) Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin pada siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin pada siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta, hasil lembar amatan keaktifan dan hasil tes belajar siswa kelas X teknik pemesinan A SMK Bhinneka Karya Surakarta. Analisis data menggunakan analisis data diskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : (1) siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar pada pra-siklus sebesar 45,4%, pada siklus I siswa yang aktif sesuai kiteria leaktifan belajar mencapai 64,7%, siklus II siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar mencapai 82,3%. Penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Iinvestigation, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut : (2) siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada pra-siklus mencapai 42,1%, Siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 62,1%, Siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 84%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin kelas X teknik pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) penerapan model pembelajaran Cooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin kelas X teknik pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Cooperatif Group Investigation, keatifan siswa, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 22:39
    Last Modified: 14 Dec 2017 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37370

    Actions (login required)

    View Item