EVALUASI PELAKSANAAN MICRO TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

CAHYONO, ROHMAT (2017) EVALUASI PELAKSANAAN MICRO TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) kesiapan pelaksanaan micro teaching pada program studi Pendidikan Teknik Mesin; (2) penyiapan kelompok micro teaching; (3) sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan micro teaching; (4) penyiapan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan latihan micro teaching; (5) pelaksanaan praktik micro teaching oleh mahasiswa; (6) hambatan yang dialamai selama pelaksanaan micro teaching; (7) kepuasan mahasiswa pada pelaksanaan micro teaching; (8) keterampilan mengajar mahasiswa setelah melaksanakan micro teaching. Penelitian ini dilakukan di program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin dan dosen pembimbing micro teaching pelaksanaan tahun 2016. Responden yang dipilih semua mahasiswa dan dosen, kecuali dosen yang telah pensiun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada seluruh responden, wawancara dengan sebagian responden, dan dokumentasi nilai akhir mata kuliah micro teaching. Validitas menggunakan fact finding yaitu validitas logika. Menggunakan fact finding maka uji reliabilitas tidak perlu dilakukan. Analisa skor menggunakan rata-rata yang akan dinilai berdasar kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesiapan pelaksanaan micro teaching dalam hal tujuan dan sasaran sudah baik, tetapi ketersediaan jumlah ruang latihan khusus micro teaching masih kurang; (2) kelompok yang dibuat sudah ideal yaitu 12-13 mahasiswa tiap kelompok; (3) sarana prasarana untuk ruang khusus latihan micro teaching kurang baik dalam hal perawatan dan jadwal penggunaan ruang; (4) sebagian besar penyiapan perangkat pembelajaran mahasiswa sudah baik; (5) pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa makin banyak latihan makin baik; (6) faktor penghambat pada pelaksanaan micro teaching yaitu jumlah latihan yang didapat mahasiswa masih sedikit, setidaknya perlu 4 pertemuan sebelum ujian; (7) kepuasan mahasiswa tergolong tinggi dengan penyiapan perangkat pembelajaran, pelaksanaan latihan mengajar yang sudah tergolong tinggi terlepas dengan berapa jumlah latihan dan kualitas materi yang disampaikan ketika mengajar; (8) keterampilan mengajar mahasiswa yang latihan dengan tertib dan sungguh-sungguh terlihat makin meningkat. Kata kunci: Evaluasi Program, Micro Teaching, CIPP ABSTRACT The purposes of this research are to evaluate: (1) the readiness of the implementation of micro teaching at the Mechanical Engineering Education; (2) preparation of micro teaching groups; (3) infrastructure support in the implementation of micro teaching; (4) students preparation in carrying out micro teaching practice; (5) the implementation of micro teaching practice by students; (6) the obstacles during the implementation of micro teaching; (7) student satisfaction on the implementation of micro teaching; (8) students teaching skills after implementing of micro teaching. This research was conducted at the Mechanical Engineering Education study program of Sebelas Maret University. This study used a model of CIPP (Context, Input, Process, Product). The population was selected students and lecturers of micro teaching implementation in 2016. Respondents selected for this research was all the students and lecturers, except retired lecturers. The data collection technique was used questionnaire distributed to all respondents, interviews with some respondents, and the documentation of the final grades of micro teaching subject. The used validity logical validity. This study did not test the instrument reliability. The scoring analysis used the averages to be assessed based on the assessment criteria. The results show that: (1) goals and objectives already well, but the availability the number of the room still lacks; (2) the groups made is already good with the ideal number; (3) facilities and infrastructure are less good care and the schedule is not clear; (4) the preparation of student teaching aids is mostly good; (5) the implementation of students teaching will be better with more practice; (6) the inhibiting factors in the implementation of micro teaching are the number of exercises obtained by the students are less, so the training of teaching skills obtained by student are less maximum at least need 4 exercises before the examinations; (7) the students satisfaction is high; (8) the students teaching skills which practice in an orderly and earnest manner looks increasing. Keywords: Program Evaluation, Micro Teaching, CIPP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 22:26
    Last Modified: 14 Dec 2017 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37364

    Actions (login required)

    View Item