Strategi Pemasaran Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB Bank Syariah Bukopin (Studi Kasus Pada Bank Syariah Bukopin Surakarta)

ALVIYANI, RIZKY (2017) Strategi Pemasaran Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB Bank Syariah Bukopin (Studi Kasus Pada Bank Syariah Bukopin Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (695Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan karyawan dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka dengan mengumpulkan data melalui website, buku-buku kepustakaan, serta arsip-arsip Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta. Hasil penelitian pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta dalam pemasaran produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB menggunakan pendekatan bauran pemasaran. Pendekatan bauran pemasaran meliputi beberapa variabel yaitu : product, price, promotion, place, people, process,Physical Evidence dan customer service. Hambatan yang dihadapi oleh Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta dalam pemasaran produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB yaitu masyarakat kurang peduli terhadap promosi Bank Syariah Bukopin, banyaknya perjanjian kerjasama (PKS) yang harus dipenuhi sekolah. Analisis SWOT yang meliputi strength, weakness, opportunities, threats, digunakan untuk meningkatkan pemasaran Bank Syariah Bukopin.Dari hasil matriks SWOT tersebut dapat digunakan untuk menciptakan strategi yang Strategi yang pertama yaitu dengan meningkatkan strategi pengenalan produk dan meningkatkan pola kerjasama, meningkatkan promosi tidak adanya biaya administrasi yang ditanggung, dengan memberikan pelayanan secara optimal kepada nasabah, dan menunjukkan keunggulan produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB yang dimiliki Bank Syariah dibandingkan Bank Konvensional. Saran yang diberikan penulis kepada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta yaitu memperluas pasar sasaran, yaitu memasarkan produk Tabungan Simpel iB ke seluruh sekolah dan bukan hanya sekolah islam.meningkatkan pola kerja sama dengan sekolah-sekolah dan meningkatkan pemasaran dengan promosi telemarketing. Kata kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) iB

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 22:17
    Last Modified: 14 Dec 2017 22:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37359

    Actions (login required)

    View Item