PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

Pratiwi, Rinta Dian (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (790Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo pada materi pokok Hukum Newton dan Penerapannya; (2) kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo pada materi pokok Hukum Newton dan Penerapannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model dari Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/ 2017 sebanyak 40 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model Think Pair Share dengan melalui metode eksperimen- diskusi dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo pada materi Hukum Newton dan Penerapannya, karena dalam proses pembelajaran siswa dilibatkan dan diikutsertakan dalam pembelajaran secara langsung sehingga siswa dapat memiliki pengalaman belajar secara langsung. Hal tersebut akan berdampak pada aktivitas belajar siswa yang meningkat dan selain itu guru tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran namun hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam proses pembelajaran. (2) Keterlibatan dan keikutsertaan siswa dalam pembelajaran Fisika dengan penerapan model Think Pair Share dengan melalui metode eksperimen- diskusi dapat mengakibatkan siswa memiliki pengalaman belajar secara langsung, hal tersebut dapat memberikan dampak positif pada pemahaman konsep siswa karena mereka diberikan waktu untuk berdiskusi secara berpasangan dan mereka menemukan konsep sendiri selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, kemampuan kognitif siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo pada materi Hukum Newton dan Penerapannya juga meningkat. Kata kunci: think pair share, aktivitas belajar siswa, kemampuan kognitif, hukum Newton dan penerapannya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 09:10
    Last Modified: 14 Dec 2017 09:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37339

    Actions (login required)

    View Item