analisis penerakan kmk no 563/kmk.03/2003 tentang penunjukan bendaharawan pemerintah sebagai wajib pungut pajak pertambahan nilai pada ppsdm migas

KURNIA, REZA ADITYA (2017) analisis penerakan kmk no 563/kmk.03/2003 tentang penunjukan bendaharawan pemerintah sebagai wajib pungut pajak pertambahan nilai pada ppsdm migas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1217Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan KMK No.563/KMK.03/2003 tentang penunjukan Bendaharawan Pemerintah untuk memungut, menyetor, dan melaporkan Pajak Pertambahan Nilai di PPSDM Migas. Metode studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakuk ananalisis data yang diperoleh dari PPSDM Migas, studi kepustakaan dan wawancara. Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pemungutan, penyetoran, pelaporan dan masalah terkait PPN di PPSDM Migas. Penunjukan PPSDM Migas sebagai Wajib Pungut PPN bertujuan untuk mengamankan penerimaan Negara dari sector pajak. PPSDM Migas melakukan pengajuan pembayaran PPN Wajib Pungut berdasarkan faktur pajak dan SSP dari rekanan. PPSDM Migas melakukan penyetoran PPN Wajib Pungut melalui Bank BNI dan terkena 2% apabila terlambat melakukan penyetoran. PPSDM Migas juga membuat Standar Operating Procedure (SOP) guna mengurangi resiko sanksi bunga 2%. Untuk pelaporan PPN Wajib Pungut, PPSDM Migas menggunakan SPT 1107 PUT khusus untuk pemungut PPN. Kata kunci :Penerapan KMK No.563/KMK.03/2003, PPN, Pemungutan PPN, Penyetoran PPN, Pelaporan PPN.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 08:53
    Last Modified: 14 Dec 2017 08:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37334

    Actions (login required)

    View Item