KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KUANTAR KE GERBANG KARYA RAMADHAN K.H. SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Ekayani, Putri (2017) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KUANTAR KE GERBANG KARYA RAMADHAN K.H. SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (134Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik yang terkandung dalam novel, (2) karakteristik kejiwaan tokoh utama, (3) nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel, dan (4) relevansinya dengan materi pembelajaran sastra di SMK. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi yang dilakukan selama enam bulan, terhitung sejak bulan November 2016 hingga April 2017. Sumber data berasal dari teks novel Kuantar ke Gerbang dan hasil wawancara sastrawan/dosen, guru, dan siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen, yaitu:(1) reduksi data; (2) sajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Novel Kuantar ke Gerbang memiliki kelengkapan unsur intrinsik yang terdiri atas 6 unsur, yaitu: tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) Karakteristik kejiwaan pada tokoh utama dalam novel Kuantar ke Gerbang dapat dipahami melalui teori Sigmund Freud (id, ego, superego) yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam maupun faktor luar; (3) Terdapat 15 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Kuantar ke Gerbang, yaitu: religius, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (4) Novel Kuantar ke Gerbang relevan dengan materi pembelajaran sastra di SMK karena banyak memberikan pesan moral. Kata kunci: unsur intrinsik, psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, materi pembelajaran, dan novel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 08:34
    Last Modified: 14 Dec 2017 08:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37323

    Actions (login required)

    View Item