KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA SMA PADA MATERI GRAVITASI

Nugroho, Purnomo Wahyu (2017) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA SMA PADA MATERI GRAVITASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (377Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa SMA kelas XI. (2) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kedisiplinan belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa SMA Kelas XI. (3) mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara kecerdasan emosional siswa dan kedisiplinan belajar dengan kemampuan kognitif Fisika siswa SMA Kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Ex post Facto dengan deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sampel 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk mengungkap data kecerdasan emosional siswa dan kedisiplinan belajar siswa. Angket yang digunakan dalam penelitian telah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan kognitif Fisika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda dengan uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada koresali yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0375. (2) Ada korelasi yang signifikan antara kedisiplinan belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0103. (3) Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dan kedisiplinan belajar siswa dengan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,0507 Kata kunci : kecerdasan emosional, kedisiplinan belajar, kognitif Fisika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 14 Dec 2017 08:23
    Last Modified: 14 Dec 2017 08:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37321

    Actions (login required)

    View Item