Penerapan Software Universitas Setia Budi Digital Library (USBLib) Pada Layanan Sirkulasi Dan Pengolahan Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta

HIDAYATI, ZULFA NUR (2017) Penerapan Software Universitas Setia Budi Digital Library (USBLib) Pada Layanan Sirkulasi Dan Pengolahan Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1065Kb)

    Abstract

    Penerapan software pada umumnya sudah diterapkan di berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya yaitu pada UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta. Software yang diterapkan pada UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta yaitu Universitas Setia Budi Digital Library (USBLib) . Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui penerapan software USBLib, hambatan dan solusi pada layanan sirkulasi dan pengolahan bahan pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta. Hasil penulisan laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa penerapan software USBLib pada layanan sirkulasi diterapkan pada layanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan keanggotaan. Pada pengolahan bahan pustaka yaitu input data ke USBLib. Input data yaitu memasukkan data-data bahan pustaka ke dalam komputer melalui software USBLib. Hambatan yang dihadapi adalah software tersebut sudah tidak bisa dikembangkan lagi dan koneksi jaringan sering terputus sehingga menghambat kegiatan pada layanan sirkulasi. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin banyak sebaiknya software yang ada di UPT Perpustakaan perlu dikembangkan lagi fitur-fiturnya sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna. Solusi lainnya yaitu dengan menambah bandwith maupun WI-FI serta membatasi akses internet. Kesimpulan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah penerapan software USBLib pada layanan sirkulasi diterapkan pada layanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan keanggotaan. Pada pengolahan bahan pustaka yaitu input data ke USBLib. Hambatan pada penerapan software tersebut yaitu software tersebut tidak bisa dikembangkan lagi dan koneksi jaringan sering terputus. Solusinya yaitu untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin banyak sebaiknya software yang ada di UPT Perpustakaan perlu dikembangkan lagi fitur-fiturnya sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna serta menambah bandwith maupun WI-FI serta membatasi akses internet. Kata Kunci : Software, Layanan Sirkulasi, Pengolahan Bahan Pustaka.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 13 Dec 2017 14:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 14:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37316

    Actions (login required)

    View Item