Analisa Penerapan Pelaporan dan Invetigasi Kecelakaan Kerja Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 di Hotel X

F, ZENITHA NURURRISKI (2017) Analisa Penerapan Pelaporan dan Invetigasi Kecelakaan Kerja Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 di Hotel X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (332Kb)

    Abstract

    ANALISIS PENERAPAN PELAPORAN DAN INVESTIGASI KECELAKAAN KERJA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 50 TAHUN 2012 PADA HOTEL X Zenitha Nururriski Fauzia1, Reni Wijayanti2 Latar Belakang : Kecelakaan kerja dapat terjadi pada semua jenis tempat kerja tidak terkecuali hotel. Terdapat lima kasus kecelakaan kerja pada Hotel X dan belum memiliki prosedur pelaporan dan investigasi kecelakaan kerja yang terdokumentasi serta alur pelaporan kecelakaan yang belum jelas, sehingga menyebabkan kurang efektif dalam pemantauan tindakan pencegahan dan perbaikan yang direkomendasikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian proses pelaporan investigasi kecelakaan kerja terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: Per.03/MEN/1998. Metode : Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif yang menjelaskan gambaran penerapan pelaporan dan investigasi kecelakaan kerja pada Hotel X dan pemenuhan penerapannya menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: Per.03/MEN/1998. Hasil Penelitian : Hotel X belum menerapkan pelaporan dan investigasi kecelakaan kerja menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012. Karena dalam pelaksanaannya belum terdapat prosedur dan data-data laporan terkait kecelakaan kerja yang terdokumentasi. Belum adanya penerapan SMK3 pada perusahaan mempengaruhi pelaksanaan pelaporan dan investigasi kecelakaan kerja serta pengetahuan karyawan dalam menjaga keselamatan saat bekerja maupun melaporkan apabila terjadi kecelakaan kerja atau hampir celaka. Simpulan Penelitian : Penerapan investigasi kecelakaan kerja pada Hotel X belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012. Hotel X disarankan melakukan evaluasi pelaksanaan pelaporan dan investigasi kecelakaan kerja serta melakukan pencegahan seperti pembuatan Job Safety Analysis (JSA) atau Hazard Indentification and Risk Assessment (HIRA). Kata Kunci : Pelaporan dan Investigasi Kecelakaan Kerja, Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 1. Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 13 Dec 2017 13:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37315

    Actions (login required)

    View Item