PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOLIDWORKS DALAM MENGGAMBAR BENDA NYATA MENJADI GAMBAR KERJA BAGI SISWA PRAKERIN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Wulansari, Wiwi (2017) PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOLIDWORKS DALAM MENGGAMBAR BENDA NYATA MENJADI GAMBAR KERJA BAGI SISWA PRAKERIN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (733Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wiwi Wulan Sari. K2513105. PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SOLIDWORKS DALAM MENGGAMBAR BENDA NYATA MENJADI GAMBAR KERJA BAGI SISWA PRAKERIN SMK WARGA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan siswa pada mata pelajaran Solidworks, khususnya dalam menggambar benda nyata menjadi gambar kerja di SMK Warga Surakarta. Hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar siswa prakerin SMK Warga Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode proyek. Penerapan metode proyek ini dalam kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa suatu tugas dalam waktu tertentu secara individu atau kelompok dengan menggunakan unit sehari-hari sebagai sumber belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa prakerin SMK Warga Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes unjuk kerja dalam memperoleh data peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan Analisis hasil observasi siswa menggunakan hasil rata-rata sedangkan analisis hasil belajar siswa juga menggunakan rata-rata dari hasil yang didapat. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, Terjadi peningkatan pada siklus I di bandingkan dengan pra siklus. Kedua, pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih signifikan lagi hingga mencapai target ialah 80%. Ketiga, perbandingan antara pra siklus dan siklus 1 di dapat peningkatan yang cukup besar yaitu yang awalnya 36,1% meningkat menjadi 77,77% pada siklus I sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi siswa lebih meningkat lagi yaitu mencapai 94,44%. Hal ini menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Keempat, pengaruh metode proyek ini pada proses pembelajaran sangat terlihat pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Meski pada siklus I hanya sebagian siswa yang aktif namun pada siklus II bisa dikatakan semua siswa aktif, baik dalam berdiskusi, mengerjakan tugas dan yang paling terlihat ialah tanggung jawab siswa terhadap proyek mereka masing-masing. Kata kunci: metode Proyek, prestasi belajar, SolidWorks

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 13 Dec 2017 12:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 12:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37307

    Actions (login required)

    View Item