PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI DISKUSI SIMULASI VIRTUAL DAN DISKUSI LEPAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM KELAS XII SMAN 4 SURAKARTA

Dewi, Tiarasita Summa (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI DISKUSI SIMULASI VIRTUAL DAN DISKUSI LEPAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM KELAS XII SMAN 4 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (934Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tiarasita Summa Dewi. K2313068. PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI DISKUSI SIMULASI VIRTUAL DAN DISKUSI LEPAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM KELAS XII SMAN 4 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi simulasi virtual dan diskusi lepas terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XII SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Konsep dan Fenomena Kuantum; 2) ada tidaknya perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan motivasi belajar siswa kategori rendah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XII SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Konsep dan Fenomena Kuantum; 3) ada tidaknya interaksi antara pendekatan konstruktivisme dengan metode diskusi dan motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XII SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2016/ 2017 pada pokok bahasan Konsep dan Fenomena Kuantum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 4 Surakarta. Sampel yang terpiih adalah kelas XII MIA 6 dan XII MIA 7 berjumlah total 62 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain faktorial 2×2 dengan isi sel tak sama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk data kemampuan kognitif dan observasi untuk motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) diperoleh FA= 4.2968 dan Ftabel = 4.01 Karena FA > Ftabel, maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi simulasi virtual dan diskusi lepas terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa paka materi Konsep dan Fenomena Kuantum; 2) diperoleh FB= 90.439 dan Ftabel = 4.01 Karena FB > Ftabel, maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh perbedaan antara motivasi belajar kategori tinggi dan motivasi belajar kategori rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; 3) diperoleh FAB= 2.27386 dan Ftabel = 4.01 Karena FAB < Ftabel, maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada interaksi antara pendekatan konstruktivisme melalui metode diskusi dan motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Konstruktivisme, kemampuan kognitif, motivasi belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 13 Dec 2017 13:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 13:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37306

    Actions (login required)

    View Item