Aktivitas Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Dalam Melaksanakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

PRANATA, DIKA AJI (2017) Aktivitas Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Dalam Melaksanakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (600Kb)

    Abstract

    Berdasarkan dari paparan yang telah dijelaskan, Humas PT. PLN Distribusi Jawa Timur mempunyai peranan dan tugas yang penting bagi perusahaannya karena sebagai suatu organisasi yang berada dibawah langsung Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi ini menjadi ujung tombak perusahaan untuk menciptakan hubungan baik dengan masyarakat maupun mitra kerja. Kegiatan Humas PT. PLN Distribusi Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dengan baik. Dalam kegiatannya mensosialisasikan subsidi listrik tepat sasaran PLN DisJatim tidak sendirian, adapun pihak yang berkontribusi langsung dengan aktivitas ini mempunyai fungsi dan peran masing. Selain itu latar belakang PLN Distribusi Jawa Timur melaksanakan aktivitas sosialisasi subsidi listrik ini adalah : 1. Kenaikan harga minyak dunia membuat pemerintah mencabut sebagian subsidi untuk masyarakat, sedangkan subsidi tersebut kadang belum tepat menyasar kepada golongan yang kurang mampu. 2. Mengurangi dana subsidi yang bagaimana bisa dipergunakan untuk keperluan lain seperti pembangunan infrastruktur PLN demi progam elektrifikasi 99,00 % pada tahun 2019. 3. Mempertahankan pasokan listrik kepada masyarakat, energi yang terpakai sehari-hari semakin hari semakin menipis. 4. Mengedukasi masyarakat terkait termasuk kedalam golongan yang mendapatkan subsidi atau tidak, karena di Indonesia subsidi listrik masih belum sepenuhnya menyasar ke masyarakat yang membutuhkan. Aktivitas ini sangat didukung penuh oleh pemerintah, bahkan pemerintah tidak segan untuk memfasilitasi kegiatan ini. Banyak sekali kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh pihak PLN Distribusi Jawa Timur, dimulai dari pembuatan pamflet, brosur, menjalin hubungan dengan media, hingga mengadakan FGD (Forum Group Discussion). Hal ini semata untuk mengedukasi atau memberi pengetahuan kepada masyarakat termasuk golongan yang mendapat subsidi atau tidak. Informasi yang didapat bisa menjadi tolak ukur penggunaan listrik. Sedangkan dana subsidi bisa dipakai untuk pembangunan infrastruktur PLN, membuat acara bakti sosial, penambahan fasilitas, memperbaiki pelayanan masyarakat dan lain sebagainya. Tujuan khusus dalam sosialisasi ini tidak lain mengajak pelanggan/masyarakat untuk menghemat listrik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 13 Dec 2017 08:32
    Last Modified: 13 Dec 2017 08:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37300

    Actions (login required)

    View Item