UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI KOMBINASI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

YULIANA, CHEVIA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI KOMBINASI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (606Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Chevia Yuliana. K4413015. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI KOMBINASI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah melalui kombinasi model kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Course Review Horay di kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, tes, dan studi dokumenter. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada proses pembelajaran sejarah dikategorikan tinggi, hal ini bisa dilihat dari angka presentase pencapaian indikator keaktifan siswa di kelas. Pada tahap pratindakan secara keseluruhan angka pencapaian indikator keaktifan belajar siswa hanya mencapai 48,21%. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,17% dan pada tahap siklus II menjadi 81,96% dari rata-rata siswa di kelas. Pencapaian tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ≥ 80%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah dapat dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat dari presentase pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM = 75) siswa di kelas. Pada tahap pratindakan yang mendapatkan nilai minimal 75 sebesar 42,86% dari 35 siswa atau sejumlah 15 orang. Kemudian, pada tahap siklus I yang mendapatkan nilai minimal 75 meningkat dibandingkan dengan tahap pra tindakan yakni menjadi 62,86% atau sejumlah 22 orang. Pada tahap siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi sebesar 82,86% atau sejumlah 29 orang. Pencapaian tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ≥75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Course Review Horay pada pembembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: teams games tournament, course review horay, pembelajaran sejarah, keaktifan, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 13 Dec 2017 08:10
    Last Modified: 13 Dec 2017 08:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37294

    Actions (login required)

    View Item