PERAN NEWS PRODUCTION ASSISTANT DALAM PROGRAM BERITA NET. JAWA TENGAH DI PT. INDUSTRI TELEVISI SEMARANG (NET. BIRO JAWA TENGAH)

HAFIDZ, MUHAMMAD (2017) PERAN NEWS PRODUCTION ASSISTANT DALAM PROGRAM BERITA NET. JAWA TENGAH DI PT. INDUSTRI TELEVISI SEMARANG (NET. BIRO JAWA TENGAH). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    RINGKASAN MUHAMMAD HAFIDZ AL FARISYI. D1414038. PERAN NEWS PRODUCTION ASSISTANT DALAM PROGRAM BERITA NET. JAWA TENGAH DI PT. INDUSTRI TELEVISI SEMARANG (NET. BIRO JAWA TENGAH)”. TUGAS AKHIR PENYIARAN DIPLOMA III. UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Media televisi mempunyai peranan pokok menyampaikan informasi, edukasi, dan entertainment. Daya tarik siaran televisi tidak bisa disangkal, mempunyai pengaruh yang kuat sehingga mampu menarik perhatian khalayak dan mempunyai dampak yang sangat kuat pula. Kekuatan tersebut bahkan dapat membentuk opini masyarakat secara global sehingga mampu mengubah dan mempengaruhi kehidupan dan perilaku penonton. Salah satu bentuk siaran yang mempunyai fungsi informasi adalah siaran berita atau news. Dalam pengertian umum, berita atau news berarti kabar yakni pemberitahuan oleh seorang kepada orang lain mengenai sesuatu hal atau kejadian. Selain memaknai siaran berita atau news seperti tersebut di atas, masyarakat pers juga memaknai NEWS sebagai singkatan dari North, East, West, South. Artinya singkatan NEWS diartikan sebagai laporan peristiwa yang berasal dari mana-mana atau dari berbagai tempat di seluruh dunia disiarkan secara nasional atau lokal. Sebagai televisi lokal, NET. biro Jawa Tengah diwajibkan untuk menyiarkan siaran lokal yang kontennya diambil dari kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah Jawa Tengah. Seluruh konten tersebut disiarkan di dalam sebuah program berita yang bertajuk NET. Jawa Tengah. Program berita NET. Jawa Tengah disiarkan secara live. Proses produksi siaran berita live,siaran kata dari penyiar di studio disiarkan langsungkepada penonton pada saat itu jugadan diselingi oleh hasil liputan yang telah diedit sebelumnya. Dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media atau KKM, penulis sudah cukup mendalami peran sebagai News Production Assistant di dalam proses produksi program berita dari tahap pra produksi, produksi, hingga paska produksi. Sebuah pekerjaan yang tidak luput dari kesulitan dan kendala, selama magang penulis juga dihadapkan dengan kesulitan dan kendala. Kesulitan dan kendala yang dihadapi adalah kurangnya adaptasi serta koordinasi dengan pihak lain sehingga sering menghambat kinerja dari penulis. Namun, setiap ada kesulitan atau kendala pasti ada jalan keluarnya. Kegiatan Kuliah Kerja Media atau KKM memberikan penulis banyak pengetahuan, wawasan, serta menambah keahlian tentang bagaimana proses dan tahapan-tahapan produksi pertelevisian di sebuah program khususnya program berita. Penulis diharapkan dapat menerapkan seluruh pengetahuan yang didapat penulis ketika duduk di bangku perkuliahan. Penulis melaksanakan magang di NET. biro Jawa Tengah, dimana televisi lokal ini merupakan televisi anak jaringan dari NET. TV. (kata kunci: program televisi, production assistant, program berita, net. jawa tengah.)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 08:05
    Last Modified: 13 Dec 2017 08:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37289

    Actions (login required)

    View Item