Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Audiovisual terhadap Efikasi diri dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Melakukan Keterampilan Manual Plasenta.

DWIARINI, MUAFIQOH (2017) Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Audiovisual terhadap Efikasi diri dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Melakukan Keterampilan Manual Plasenta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (585Kb)

    Abstract

    Salah satu kompetensi kebidanan yang harus dimiliki seorang bidan adalah memberikan asuhan kegawatdaruratan berupa tindakan manual plasenta dengan penanganan retensio plasenta. Metode mengajar memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode demonstrasi dan audiovisual terhadap efikasi diri akademik dan hasil belajar mahasiswa dalam melakukan keterampilan manual plasenta. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment dengan pendekatan pretestt-posttest design untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode demonstrasi dan audiovisual terhadap efikasi diri akademik, dengan pendekatan posttest only group design untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode demonstrasi dan audiovisual terhadap hasil belajar manual plasenta. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sebesar 50 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner efikasi diri dan cheklist keterampilan manual plasenta. Teknik analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan, pada α 5 % . Hasil : Nilai rerata posttest efikasi diri pada kelompok demonstrasi sebesar 74,80 dan kelompok audiovisual sebesar 71,20. Berdasarkan uji t tidak berpasangan nilai ρ sebesar 0.002. Nilai rerata posttest hasil belajar manual plasenta pada kelompok demonstrasi sebesar 93,38 dan kelompok audiovisual sebesar 88,36. Berdasarkan uji t tidak berpasangan diperoleh nilai ρ sebesar 0.001. Simpulan : Terdapat perbedaan efektivitas metode demonstrasi dan audiovisual terhadap efikasi diri akademik dan hasil belajar mahasiswa dalam melakukan keterampilan manual plasenta. Secara signifikan metode demonstrasi menunjukkan efikasi diri dan hasil belajar yang lebih baik daripada metode audiovisual. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Audiovisual, Efikasi diri, Hasil Belajar, Mahasiswa DIII Kebidanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Kebidanan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 07:54
    Last Modified: 13 Dec 2017 07:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37286

    Actions (login required)

    View Item