Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Peran Guru Pamong terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 FKIP Universitas Sebelas Maret

Ningsih, Maulida Fajari (2017) Pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Peran Guru Pamong terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 FKIP Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (723Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan 2013 yang telah menyelesaikan PPL tahun 2016 sebanyak 180 mahasiswa yang terdiri dari 3 BKK. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 mahasiswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (18.765 > 3,15) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (2) nilai uji t variabel PPL adalah thitung > ttabel (3,957 > 1,999) dengan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (3) nilai uji t variabel Peran Guru Pamong adalah thitung > ttabel (2,049 > 1,999) dengan nilai p < 0,05 (0,045 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013; (4) koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,377. Hal tersebut berarti bahwa 37,7% kesiapan menjadi guru pada mahasiswa dipengaruhi oleh PPL dan Peran Guru Pamong, sedangkan sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sumbangan relatif variabel PPL dan peran Guru Pamong terhadap kesiapan menjadi guru adalah sebesar 70,47% dan 29,53%. Kata kunci: Program Pengalaman Lapangan (PPL), Peran Guru Pamong, dan Kesiapan Menjadi Guru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 07:42
    Last Modified: 13 Dec 2017 07:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37281

    Actions (login required)

    View Item