PERENCANAAN DAN PERANCANGAN INTERIOR PENDIDIKAN PRASEKOLAH NASIONAL PLUS DI SURAKARTA

Gegadannitisswari, Galur (2009) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN INTERIOR PENDIDIKAN PRASEKOLAH NASIONAL PLUS DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Updated Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ”Perencanaan dan Perancangan Pendidikan Prasekolah Nasional Plus adalah pendidikan yang diberikan pada anak usia dibawah lima tahun yang menggunakan kurikulum gabungan antara kurikulum nasional dengan kurikulum negara tertentu. Sedangkan plus, merupakan ciri khas dari sekolah tersebut. Dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi pendidikan anak usia dini khususnya anak usia emas (the golden age). Permasalahan yang ditampilkan adalah (1)bagaimana merancang interior sebagai tempat belajar dan bermain (2)bagaimana merancang interior area bermain yang dapat merangsang kreativitas anak (3)bagaimana merancang interior ruang pendukung yang mampu mewadai aktivitas anak. Tujuan dari karya ini adalah merancang interior Pendidikan Prasekolah Nasioal Plus di Surakarta yang mampu mendukung perkembangan anak usia emas. Pada masa ini anak mengalami perkembangan dari segala segi terutama kecerdasannya. Untuk itu ruang yang dipakai disesuaikan dengan gerak dan rutinitas anak dimana elemen interior saling mendukung serta memberikan suasana mendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penelitian di Surakarta sekolah internasional dan Jakarta sekolah nasional plus, dengan tujuan sebagai pembanding data lapangan. Data-data yang dikumpulkan tentang pendidikan prasekolah dan fasilitasnya, yang diperoleh dari informan yang mengetahui tentang pendidikan prasekolah nasional plus. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam beberapa hal: (1)Perencanaan dan Perancangan Interior Pendidikan Prasekolah Nasional Plus memerlukan program dan konsep perancangan yang baik. (2)Tema yang dihadirkan dalam perancangan adalah ’multiple intelligences’ yang menjadi salah satu metode pengajaran pendidikan pendidikan prasekolah nasional plus. Setiap orang memiliki kecerdasan yang bermacam-macam dan dapat ditumbuh kembangkan. Pengaplikasian tema pada perancangan ini terdapat pada elemen pembentuk ruang, desain furniture dan desain warna.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Interior
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 17:27
    Last Modified: 14 Jul 2013 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3728

    Actions (login required)

    View Item