PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TP PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT DASAR SMK MURNI 1 SURAKARTA

Yunanda, Linda (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TP PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT DASAR SMK MURNI 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (959Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherpada mata pelajaran Mesin Bubut Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI TP SMK Murni 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa meningkat pada masing-masing penilaian yaitu, hasil belajar (kognitif), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Hasil nilai belajar siswa pada pra siklus menghasilkan 16%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72% dan meningkat lagi disiklus II 88%. Peneliti juga mengamati sikap dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran dengan model Numbered Heads Together. Hal ini terlihat dari hasil observasi sikap siswa pada siklus I menghasilkan 72% , lalu naik pada siklus II menjadi 80%. Hasil keterampilan siswa pada siklus I menghasilkan 64%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together sudah optimal dilihat tercapainya indikator kinerja penelitian 80%. Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 07:30
    Last Modified: 13 Dec 2017 07:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37273

    Actions (login required)

    View Item