STUDI KOMPARASI MENGGUNAKAN MODEL IBL DAN POGIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES (Pembelajaran Kimia Larutan Penyangga Kelas XI Semester II SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017)

Madyani, Ida (2017) STUDI KOMPARASI MENGGUNAKAN MODEL IBL DAN POGIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES (Pembelajaran Kimia Larutan Penyangga Kelas XI Semester II SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1119Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki keterampilan proses tinggi dan keterampilan proses rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan keterampilan proses terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari siswa 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, tes keterampilan proses, angket untuk penilaian afektif, dan observasi keterampilan praktikum untuk penilaian psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik Analisis Varian (ANAVA) dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan menggunakan software SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif menggunakan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) sedangkan psikomotor tidak; (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor pada siswa yang memiliki keterampilan proses tinggi dan keterampilan proses rendah, sedangkan kognitif tidak; dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan keterampilan proses siswa terhadap prestasi belajar siswa aspek psikomotor sedangkan aspek kognitif dan afektif tidak. Kata kunci : Inquiry Based Learning (IBL), Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Keterampilan Proses, Prestasi Belajar, Metode Eksperimen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 07:06
    Last Modified: 13 Dec 2017 07:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37263

    Actions (login required)

    View Item