Pemanfaatan Media Film Tokoh Injil Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura

T.H, V.KRISWIDIATMA (2017) Pemanfaatan Media Film Tokoh Injil Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1076Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pemanfaatan Media Film Tokoh Injil Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2016/2017. V.Kriswidiatma Tjahja Hernawa, Mahasiswa,Program studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Pembimbing 1: Prof,Dr. Mulyoto, M.Pd, Pembimbing 2: Dr. Djono, M.Pd. Pelajaran Agama menjadi sesuatu yang dianggap remeh oleh siswa SMA. Mereka memilik motivasi belajar yang rendah dan pemahaman iman nilai-nilai Injil yang kurang . Injil adalah sumber iman Katolik. Pewartaan Injil tidak mudah dipahami karena terkendala oleh budaya dan gaya berpikir yang berbeda jauh. Hal-hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian. Media film Tokoh Injil digunakan dalam penelitian dengan tujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan motivasi belajar pendidikan agama katolik, (2) peningkatan prestasi belajar pada siswa Katolik SMA Negeri 1 Kartasura. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen kunci, sedangkan untuk menentukan sumber data manusia menggunakan teknik deskriptif.teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi berperan serta; dan (3) Angket motivasi belajar. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan berbagai teknik, yaitu (1) triangulasi; (2) pengecekan sejawat; dan (3) pengecekan anggota. Data yang diperoleh dari metode angket dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dari metode dokumentasi dan metode observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi belajar dalam angket pendidikan agama Katolik dari 53 % pada pra siklus menjadi 83 % pada siklus II, (2) Media film Tokoh Injil dapat mendorong kreatifitas siswa dan menumbuhkan pemahaman iman akan Yesus Kristus pada siswa dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar yang diperoleh, rata-rata nilai dari pra siklus 72,86 dan pada siklus 2 nilai rata-rata 86,43 . Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa Katolik secara signifikan.Kata Kunci : Film Tokoh Injil, motivasi belajar, prestasi belajar. ABSTRACT Utiliza`tion of Gospel Figures Film Media to Improve Learning Motivation and Learning outcomes Class x Catholic student SMA N 1 Kartasura 2016/2017 V.Kriswidiatma Tjahja Hernawa, Faculty of education and teacher training, Sebelas Maret University. Prof.Dr.Mulyoto, M.Pd, Consultant, Dr.Djono, M.Pd, Co-Consultant. Face a problem that many young people consider Catholicism easy to study. They have low motivation in studying this lesson and thus their understandings of Biblical values are low as well. The Gospel is the source of the Catholic faith. Frankly, Bible is not easy to understand due to its use of dictions and gaps of culture. This is the basis of research. This research used The Gospel character movie as the medium of teaching. This research aims at (1) improving learning motivation Catholic religius education (2) improving students’ learning achievement for SMA Negeri 1 Kartasura students. The data collection was done by the researcher as the key instrument and snowball playing was employed to collect the human data sources. The techniques of the data collection were; (1) interview; (2) observation; and (3) questionnaire. For the data analysis, the researcher used three steps; data reduction, data representation, and verification. For the data creditability, the researcher used three techniques. They were (1) triangulation; (2) peer check; and (3) member check. The data collected with documentation and observation methods was analyzed with descriptive-qualitative technique. The result of the study shows that (1) there is significant difference of the students’ score in cycle pass and II. Cycle pass presented 53, while the second cycle showed a significant improvement that the score presented 86. (2) the use of Gospel Caracter movie as the medium of teaching could give the students creativity and grow the faith of Jesus Christ in the process of teaching and learning. The learning achievement obtained, the average pre cycle value was 72,86 and cycle 2 86,43. Regarding the results above, the researcher came into a conclusion that the use of movie as a medium of teaching and learning in SMA 1 Kartasura can significantly improve learning motivation in Catholicism and learning achievement. Key words : the Gospel Caracter movie, learning motivation, learning achievment.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 13 Dec 2017 06:30
    Last Modified: 13 Dec 2017 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37259

    Actions (login required)

    View Item