PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PROSES PEMBENTUKAN TANAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PARTISIPAN DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Fizai, Fizai (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PROSES PEMBENTUKAN TANAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PARTISIPAN DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (544Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep proses pembentukan tanah dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri di Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep proses pembentukan tanah siswa dari sebelum tindakan ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus II. Peningkatan pemahaman konsep proses pembentukan tanah dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata pratindakan sebesar 69,72, meningkat menjadi 76,18 pada nilai rata-rata siklus 1, dan meningkat lagi menjadi 82,99 pada nilai rata-rata siklus II. Kenaikan rata-rata persentase ketuntasan belajar proses pembentukan tanah dari 41,67% pada tahap pratindakan, meningkat menjadi 56,33% pada siklus 1, dan meningkat lagi menjadi 91,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep proses pembentukan tanah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: pemahaman konsep, proses pembentukan tanah, model Contextual Teaching and Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 13 Dec 2017 05:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 05:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37249

    Actions (login required)

    View Item