Pengaruh Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA

BUSYAROH A, AHADIA (2017) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1019Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided discovery learning metode concept maps dengan mind maps terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMA. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental research) menggunakan post-test only nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas XMIA 4 (penerapan guided discovery learning metode concept maps), XMIA 5 (penerapan guided discovery learning metode mind maps) dan XMIA 6 (penerapan guided discovery learning), yang terpilih melalui cluster random sampling. Pengumpulan data penguasaan konsep siswa dilakukan dengan metode tes dan non-tes. Metode tes menggunakan post-test sedangkan metode non-tes menggunakan dokumentasi, observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan one way anova dan uji Tukey dengan taraf signifikansi 0.05 dibantu Statistical Product and Service Solution (SPSS) 23.0. Hasil penelitian dengan uji one way anova taraf signifikansi 0,05 menunjukkan Fhitung (10,079) lebih besar dari Ftabel (3,09) sehingga terdapat pengaruh model guided discovery learning metode concept maps dan mind maps terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMA. Uji lanjut Tukey pada penerapan model guided discovery learning metode concept maps signifikan mempengaruhi indikator mengetahui ciri konsep, mengenal sifat dan esensi konsep, mengenal dan mengggunakan hubungan antarkonsep serta menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah (sig < α; 0,05). Penerapan model guided discovery learning metode mind maps dari hasil uji Tukey signifikan mempengaruhi indikator mengenal contoh dan bukan contoh dari konsep serta mengenal kembali konsep dalam berbagai situasi (sig < α; 0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh antara model guided discovery learning metode concept maps dengan model guided discovery learning metode mind maps terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMA. Model pembelajaran guided discovery learning metode concept maps dan mind maps memiliki sensitivitas masing-masing pada indikator penguasaan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 13 Dec 2017 00:11
    Last Modified: 13 Dec 2017 00:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37239

    Actions (login required)

    View Item