Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Listrik Dinamis ditinjau dari Kerjasama Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo

SETIAWAN, DODIK (2017) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Listrik Dinamis ditinjau dari Kerjasama Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (747Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi Listrik Dinamis, (2) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi Listrik Dinamis, (3) mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi Listrik Dinamis. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang terambil dua kelas yakni kelas X.2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Tiga teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik observasi. Kajian dokumen berupa nilai kognitif Fisika siswa yakni nilai ulangan tengah semester 2 kelas X sebagai data awal untuk mengetahui keadaan awal siswa. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah pembelajaran materi listrik dinamis. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa selama pembelajaran Fisika materi Listrik Dinamis. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan isi sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi pokok Listrik Dinamis (Fobs = 4.301 > Ftabel = F0.05;1;68 = 3.980), (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa katerogi tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi pokok Listrik Dinamis (Fobs = 95.904 > Ftabel = F0.05;1;68 = 3.980), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo pada materi pokok Listrik Dinamis (Fobs = 0.368 < Ftabel = F0.05;1;68 = 3.980). Kata kunci : model pembelajaran Problem Based Learning, metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif, kemampuan kerjasama

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:51
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37233

    Actions (login required)

    View Item