ANALISIS PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN (Studi Pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Surakarta)

SARI, DEWI SEPTIANA (2017) ANALISIS PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN (Studi Pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (276Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Analisis Prosedur Pemungutan Pajak Restoran (Studi Pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Surakarta) OLEH DEWI SEPTIANA SARI F3514020 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur yang di gunakan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Surakarta dalam melaksanakan pemungutan pajak restoran, untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada pemungutan pajak restoran dan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada saat pemungutan pajak restoran. Teknik pembahasan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu dalam memaparkan hasil penelitian menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca dan menggunakan gambar prosedur yang disusun dalam bab pembahasan. Prosedur yang diterapkan oleh BPPKAD dalam pemungutan pajak restoran, pelaksanaannya sudah sesuai dengan peraturan pajak daerah. Tetapi dalam menjalankan prosedur pemungutan pajak restoran masih terdapat beberapa masalah didalamnya. Misalnya pada saat pembayaran pajak restoran, terlihat banyak Wajib Pajak yang melakukan antrian panjang. Hal ini disebabkan karena kurangnya sumberdaya manusia, sehingga didalam BPPKAD hanya menyediakan 1 (Satu) petugas Kas Daerah yang menangani pembayaran pajak restoran. Seharusnya BPPKAD lebih banyak lagi dalam menyediakan tempat pembayaran pajak restoran, yaitu menjalin kerjasama dengan Bank Jateng yang berada di daerah Surakarta, agardalam melakukan pembayaran pajak restoran tidak terdapat antrian yang panjang. Kata kunci: Prosedur Pemungutan, Wajib Pajak, Pajak Restoran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:48
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37232

    Actions (login required)

    View Item