PROSEDUR PENGAJUAN TARIF CUKAI ROKOK MEREK BARU DI KANTOR PELAYANAN DAN PENGAWASAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B SURAKARTA

NUGROHO, BISMA ENGGAR SETYA (2017) PROSEDUR PENGAJUAN TARIF CUKAI ROKOK MEREK BARU DI KANTOR PELAYANAN DAN PENGAWASAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (707Kb)

    Abstract

    Tembakau merupakan salah satu hasil perkebunan yang berupa daun yang mempunyai ukuran besar di bandingkan daun – daun hasil perkebunan lainnya yang apabila dikelola dan diolah dapat menambah nilai tambah seperti rokok. Hasil tembakau yang berupa rokok daun, sigaret,cerutu yang diproduksi oleh pabrik rokok maupun produksi rumahan sebelum di distribusikan harus memenuhi kriteria tertentu yang telah diatur dan di tetapkan oleh undang – undang dan akan dikenai cukai. Pelanggaran yang di lakukan oleh pengusaha berkaitan dengan cukai antara lain mereka tidak mendaftarkan merk rokoknya ke kantor bea dan cukai, tidak di rekatnya pita cukai di kemasan atau wadah rokok Cukai adalah pungutan negara yang di kenakan terhadap barang – barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik yang di tetapkan dalam undang – undang. Pelaksanaa pelayanan pengajuan tarif cukai rokok merek baru harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dengan tujuan agar kegiatan pelayanan dapat bejalan secara efektif dan efisien. Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir penulis melakukan Kuliah kerja di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta untuk mengamati pelaksanaan pelayanan cukai khususnya pengajuan tarif cukai rokok merek baru.Jenis pengamatan yang dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan narasumber dan mengkaji dokumen. Berdasarkan hasil pengamatan, bahwa kegiatan Pengajuan Tarif Cukai Rokok Merek Baru di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta menggunakan lembar disposisi dan Sistem Aplikasi Cukai untuk membantu pegawai cukai dan kepala kantor dalam melakukan pelayanan cukai. Sebelum mengajukan Tarif Cukai Rokok Merek Baru pengusaha rokok harus memiliki Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai(NPPBKC). Kesimpulan dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa Pengajuan Tarif Cukai Rokok Merek Baru di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang ada di kantor tersebut. Namun hendaknya perlu mendapat perhatian lagi dari Kepala KPPBC surakarta agar pelayanannya lebih maksimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:40
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37228

    Actions (login required)

    View Item