Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasdil Belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Panxcasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Aslizar, Aslizar (2017) Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasdil Belajar SIswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Panxcasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (532Kb)

    Abstract

    Penelitin ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Untuk Siswa Kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru,siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan ahli media. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan alat peraga pada mata pelajaran gambar teknik mesin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kondisi awal adalah 46,6 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 26,7%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,06 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 53,33%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,86 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 86,67%. Kata Kunci : Media Pembelajaran dengan Alat Peraga, Hasil Belajar ABSTRACT Aslizar. K2513077. "THE USE OF LEARNING MEDIA WITH VISUALISATION TOOLS TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF MECHANICAL ENGINEERING DRAWINGS IN SMK PANCASILA SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017”. Skripsi, Surakarta: Faculty Of Teacher Training And Education Sebelas Maret University. June 2017 This research has purpose to improve student learning outcomes by using visualisations tools in mechanical engineering drawings subject for student of 10th grade TPM 2 of SMK Pancasila Surakarta in academic year 2016/2017. This research was classrom action research consist of two cycles. Each cycles had to meetings. Each one consist of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research is I as a research, teacher and and the X TPM grade students of SMK Pancasila Surakarta many as 30 students. The sources of data there were teacher, students dan documents. The data cellectig teachnique were, observation, test, and interview. The data validity used triangulation of source and media expert. This research results can be concluded that the use of learning media by visualisation tools in mechanical engineering drawings subject can improve the learning outcomes of 10th grade student TPM 2 Pancasila Surakarta in academic year 2016/2017. According to the research, shown that learning outcomes at the intial period was 46,6 with the classical completeness percentage 26,7%. Following the treatment, the average score becomne 71,06 with the classical completeness percentage 53,33% in cycle I, and 79,86 with the classical completeness percentage 86,67% in cycle II respectively Keywords: Learning Media by Visualisation Tools, The Resulf of Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:16
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37226

    Actions (login required)

    View Item