IMPLEMENTASI MODEL IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV di Salah Satu SD Negeri di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

HANDAYANI, ANIK (2017) IMPLEMENTASI MODEL IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV di Salah Satu SD Negeri di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (922Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV di salah satu SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran IMPROVE. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiridari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai pelaksana tindakan, guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri di Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari saya, siswa, dan peristiwa pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktifmeliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IVpada kondisi awal adalah 24% . Pada siklus I persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan menjadi 50%. Pada siklus II persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan modelIMPROVEdengan langkah-langkah yang saya terapkan dapat meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV di salah satu SD Negeri di Surakarta tahun jaran 2016/2017. Kata Kunci : IMPROVE, penjumlahan, pengurangan, pecahan, matematika, sekolah dasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:08
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37224

    Actions (login required)

    View Item