Evaluasi Penerapan Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Akibat Kerja di PT Tatamulia Nusantara Indah Project One Galaxy Surabaya

NINGRUM, AMI WIDYA (2017) Evaluasi Penerapan Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Akibat Kerja di PT Tatamulia Nusantara Indah Project One Galaxy Surabaya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (106Kb)

    Abstract

    Kecelakaan menjadi masalah besar bagi kelangsungan perusahaan karena dapat menimbulkan kerugian materi yang cukup besar dan juga korban jiwa serta penyakit akibat kerja. Salah satu langkah pencegahan kecelakaan akibat kerja yang dilakukan oleh perusahaan salah satunya dengan melaksanakan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja. Metode : Penelitian ini observasional dengan metode deskriptif untuk mengetahui penerapan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara verifikasi dokumen, wawancara kepada pembimbing lapangan, observasi ke lapangan serta studi kepustakaan berkaitan dengan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil : Hasil menunjukkan bahwa PT Tatamulia Nusantara Indah Project One Galaxy Surabaya telah melaksanakan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja yang dilaksanakan meliputi inspeksi umum, inspeksi berkala dan inspeksi khusus. Inspeksi umum meliputi inspeksi housekeeping, inspeksi APD, inspeksi kotak P3K, dan inspeksi harian ketidaksesuaian, inspeksi berkala meliputi inspeksi pemeriksaan mesin dan inspeksi fasilitas kebakaran, sedangkan inspeksi khusus meliputi inspeksi ijin melakukan pekerjaan. Simpulan : Perusahaan telah melaksanakan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Saran yang diberikan adalah melaksanakan inspeksi dengan teratur dan konsisten agar lebih menjamin terwujudnya keselamatan dan kesehatan kerja di PT Tatamulia Nusantara Indah Project One Galaxy Surabaya. Kata Kunci : Inspeksi, Kecelakaan Kerja 1. Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 22:01
    Last Modified: 12 Dec 2017 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37222

    Actions (login required)

    View Item