PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA (Studi Kasus Pelajaran PEMROGRAMAN WEB Di SMK N 2 KARANGANYAR )

Saputro, Allan Renaldi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA (Studi Kasus Pelajaran PEMROGRAMAN WEB Di SMK N 2 KARANGANYAR ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (867Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada siswa SMK N 2 Karanganyar; (2) mengetahui keaktifan siswa pada mata pelajaran pemrograman web melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada siswa SMK N 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X RPL C SMK N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di SMK N 2 Karanganyar; (2) penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran pemrograman web di SMK N 2 Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar aspek afektif meningkat 42,86 %, aspek kognitif meningkat 37,14 %, aspek Psikomotorik meningkat 37,15 %, aspek keaktifan meningkat 51,43 %. Kata Kunci: Mind Mapping, Pemrograman Web, Hasil Belajar, Keaktifan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 21:53
    Last Modified: 12 Dec 2017 21:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37220

    Actions (login required)

    View Item