Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Intensitas Menonton Drama Televisi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta

HIMAWAN, ALI AKBAR (2017) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Intensitas Menonton Drama Televisi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (832Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa; (2) intensitas menonton drama televisi terhadap hasil belajar siswa; (3) penggunaan media sosial dan intensitas menonton drama bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 78 siswa dari populasi 100 siswa berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi tunggal dan linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, variabel penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kedua, variabel intensitas menonton drama televisi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, variabel pengunaan media sosial dan intensitas menonton drama televisi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari kedua variabel bebas tersebut penggunaan media sosial merupakan variabel yang memberikan sumbangan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 21:49
    Last Modified: 12 Dec 2017 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37219

    Actions (login required)

    View Item