Pengembangan E-book Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Lampung Timur

KURNIA, AANG (2017) Pengembangan E-book Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Lampung Timur. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (570Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengembangan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Lampung Timur, 2) Menganalisis keefektifan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Lampung Timur. Penelitian pengembangan e-book ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi. Analisis data dalam proses pengembangan menggunakan analisis deskriptif, analisis kelayakan e-book dengan skor skala dan menggunakan analisis tes hasil belajar siswa dengan uji t-test. Hasil analisis deskriptif e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital berdasarkan hasil validitas dari ahli media mendapat penilaian sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik, ahli materi sebesar 96%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik dan ahli praktisi mendapat penilaian sebesar 100%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik. Sedangkan penilaian dari siswa melalui uji coba terbatas diperoleh nilai 90,96%, layak digunakan dengan kriteria sangat baik. Hasil uji keefektifan e-book mata pelajaran ekonomi berbasis komik digital menggunakan program IBM SPSS 20 dengan rumus uji t-test didapat nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 57,62 dan nilai rata-rata posttes sebesar 84,29, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 58,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book mata pelajaran ekonomi berbasais komik digital efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: E-book Mata Pelajaran Ekonomi, Komik Digital, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 12 Dec 2017 21:24
    Last Modified: 12 Dec 2017 21:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37214

    Actions (login required)

    View Item