ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN EKONOMI ANTAR KABUPATEN/KOTA DALAM KAWASAN BREGAS (KABUPATEN BREBES, KOTA TEGAL, DAN SLAWI/KABUPATEN TEGAL) TAHUN 2010-2014

Kurniawan, Wahyu (2017) ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN EKONOMI ANTAR KABUPATEN/KOTA DALAM KAWASAN BREGAS (KABUPATEN BREBES, KOTA TEGAL, DAN SLAWI/KABUPATEN TEGAL) TAHUN 2010-2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (867Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN EKONOMI ANTAR KABUPATEN/KOTA DALAM KAWASAN BREGAS (KABUPATEN BREBES, KOTA TEGAL, DAN SLAWI/KABUPATEN TEGAL) TAHUN 2010-2014 Wahyu Kurniawan F0110126 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta 2017 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan ekonomi antra kabupaten/kota dalam Kawasan Bregas (Kabupaten Brebes, Kota Tegal, dan Slawi/Kabupaten Tegal) dari tahun 2010–2014. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari dinas terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah Laju Pertumbuhan Ekonomi, LQ, Tipologi Klassen dan Indeks Williamson. Hasil analisis data menunjukkan laju pertumbuhan kabupaten/kota di kawasan bregas sangat fluktuatif dari tahun 2010-2014. Hasil analisis LQ menunjukan Bahwa di Kabupaten Brebes memiliki 5 sektor, untuk Slawi/Kabupaten Tegal memiliki 8 sektor basis, dan yang terakhir Kota Tegal memiliki sektor basis terbanyak yaitu 12 Sektor basis. Hasil Analisis Tipologi Klassen Kabupaten Brebes memiliki 8 sektor yang cenderung berada pada Kuadran III, untuk Slawi/Kabupaten Tegal memiliki 7 sektor yang cenderung berada pada Kuadran II dan 6 sektor yang cenderung berada pada Kuadran IV, dan terakhir untuk Kota Tegal memiliki 7 sektor yang cenderung berada pada Kuadran I dan 5 sektor yang cenderung berda pada Kuadran II. Hasil analisis yang terakhir yaitu Analisis Indeks Williamson menunjukan bahwa Kawasan Bregas masuk dalam kategori dengan kondisi ketimpangan sedang. Setiap kabupaten/kota dalam Kawasan Bregas harus meratakan pembangunan didarahnya dengan terus mengembangkan potensi ekonomi yang ada didaerahnya, hal tersebut juga harus disertai dengan pembangunan infrastruktur yang merata. Untuk memperlancar kegiatan tersebut kebijakan-kebijakan yang diambil harus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Kata Kunci : Laju Pertumbuhan Ekonomi, LQ, Tipologi Klassen dan Indeks Williamson.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 18:16
    Last Modified: 12 Dec 2017 18:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37210

    Actions (login required)

    View Item