PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Toko Ritel Modern di Solo Raya

Failasufa, Talita (2017) PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Toko Ritel Modern di Solo Raya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1417Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh manajemen rantai pasokan pada keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada ritel-ritel modern di Solo Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner dengan pernyataan tertutup dan dibagikan dengan cara yang sesuai dengan etika dalam penelitian. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Oleh Karena itu, responden yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah para peritel professional yang terdiri dari pemilik, manager, atau staf dari toko ritel modern di Solo Raya yang memenuhi karakteristik responden dalam penelitian ini sebesr 110 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan software spss versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rantai pasokan berpengaruh secara signifikan pada keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Peneliti menyarankan agar pelaku usaha ritel dan dan pihak pemasok dapat bersama-sama menjaga hubungan bisnis yang baik. Pemasok disarankan agar memberikan pelayanan yang memuaskan dan meningkatkan jalinan usahaa kerjasama dengan perusahaan ritel sehingga kerjasama dapat saling menguntungkan dalam jangka panjang. Kata Kunci : Manajemen Rantai Pasokan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan, Toko Ritel Modern.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 17:14
    Last Modified: 12 Dec 2017 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37202

    Actions (login required)

    View Item