ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA DI PROVINIS JAWA TENGAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DATA SAKERNAS 2015)

, Suwarni (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA DI PROVINIS JAWA TENGAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DATA SAKERNAS 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (662Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DATA SAKERNAS 2015) Suwarni F0113087 Wanita yang ikut berpartisipasi dalam dunia kerja jumlahnya semakin meningkat, banyak hal yang membuat wanita memutuskan masuk ke dalam dunia kerja. Salah satunya adalah dorongan untuk keluar dari kemiskinan. Himpitan ekonomi yang semakin tinggi menuntut adanya peran aktif wanita untuk menjalankan peran ganda. Jumlah penduduk wanita merupakan sumber daya yang potensial dalam pembangunan, namun potensi kaum wanita yang cukup besar ini belum termanfaatkan dengan baik. Hal ini terlihat dari masih banyaknya kaum wanita yang belum melakukan kegiatan produktif, kegiatan produktif yang dimaksud adalah bekerja atau melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan. Kaum wanita dalam mengaktualisasikan partisipasinya masih mengalami hambatan diantaranya adalah masih adanya pembagian peran dan status antara pria dan wanita, pandangan sekelompok masyarakat tertentu dan faktor-faktor budaya yang masih menghambat perkembangan wanita dan diskriminasi pendapatan antara pria dan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja wanita di Jawa Tengah tahun 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2015 dari BPS. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda untuk menganalisis pendapatan pekerja wanita, jam kerja, pendidikan, pengalaman bekerja, umur, lokasi tempat tinggal dan status perkawinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel jam kerja, pendidikan, pengalaman kerja, umur, lokasi dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan pekerja wanita. Pendidikan, jam kerja dan pengalaman yang lebih tinggi akan meningkatkan pendapatan yang dimiliki pekerja wanita. Pekerja wanita yang berlokasi di kota memiliki pendapatan lebih tinggi hal ini karenakan lokasi di kawasan kota memiliki biaya hidup yang tinggi dan persaingan yang lebih ketat sehingga perusahaan akan membayar karyawannya lebih tinggi. Pekerja wanita semakin bertambah umur memiliki pendapatan yang lebih tinggi, hal ini karena dengan bertambahnya umur maka keterampilan akan pekerjaan tersebut semakin baik. Pekerja wanita yang berstatus kawin memiliki pendapatan yang lebih tinggi daripada pekerja wanita yang status belum kawin, hal ini dikarenakan pekerja wanita yang berstatus kawin memiliki motivasi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Kata kunci: pendapatan, tenaga kerja wanita, regresi linear berganda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 17:11
    Last Modified: 12 Dec 2017 17:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37201

    Actions (login required)

    View Item