UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI KELAS X TMC SMK N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

, Sridayu (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI KELAS X TMC SMK N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (1280Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (1280Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Sridayu. K2513102. UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI KELAS X TMC SMK N 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di Kelas X TMC SMK N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dua siklus. Pada penelitian ini, dilakukan penilaian minat belajar siswa oleh 2 observer dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, sedangkan untuk penilaian prestasi belajar siswa diambil dari nilai post test siswa pada akhir sub materi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TMC Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Dengan subyek siswa kelas X TMD yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perbandingan hasil tindakan antar siklus, dapat diketahui bahwa penggunakan model pembelajaran koopretif tipe Teams Games Tournamet (TGT) mampu meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa. Prosentase minat mengalami peningkatan dari tahap pra siklus, siklus I dan terakhir pada siklus II. Pada tahap pra siklus hasil minat belajar siswa adalah 41,4% meningkat pada siklus I menjadi 68,8% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Hal ini menunjukan bahwa prosentase hasil minat belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan minat belajar siswa yaitu ≤80%. Prosentase hasil prestasi belajar sebelum tindakan atau tahap pra siklus siswa yang dinyatakan lulus ada 11 siswa atau 34,4% sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas sebanyak 19 siswa atau 59,4% dari 32 siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan 25% sehingga siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas pada siklus II sebanyak 27 siswa atau 84,4% dari 32 siswa. Kata kunci : pembelajaran koopretif, Teams Games Tournamet (TGT), minat belajar, prestasi belajar.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
      Depositing User: Gun Gun Gunawan
      Date Deposited: 12 Dec 2017 17:08
      Last Modified: 12 Dec 2017 17:08
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37200

      Actions (login required)

      View Item