UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME ROOM ATTENDANT DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI HOTEL PERMODALAN NASIONAL BERHAD (PNB) KUALA LUMPUR

Kasaid, Singgih (2017) UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME ROOM ATTENDANT DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI HOTEL PERMODALAN NASIONAL BERHAD (PNB) KUALA LUMPUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (458Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Singgih Kasaid, C9413053, 2017. Upaya Peningkatan Profesionalisme Room Attendant Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pelayanan di Hotel PNB (Permodalan Nasional Berhad)Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang bagaimana upaya peningkatan profesionalisme room attendant dalam kaitannya dengan kualitas pelayanan di Hotel PNB (Permodalan Nasional Berhad) Kuala Lumpur, Standar Operasional Prosedur Housekeeping, tugas-tugas seorang room attendant, serta apa saja kendala yang di hadapi oleh seorang room attendant. Laporan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Hotel PNB (Permodalan Nasional Berhad) Kuala Lumpur selama 5 bulan, mulai dari bulan Mei sampai dengan Nopember 2016. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui Ruang Lingkup Room Attendant di Hotel PNB, pelaksanaan SOP yang dilakukan pada saat Room Attendant bekerja serta kendala dan solusi yang dihadapi Room Attendant dalam meningkatkan profesionalisme kerja di Hotel PNB. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian tentang upaya peningkatan profesionalisme room attendant di Hotel PNB dapat dilihat dari adanya SOP yang telah dilaksanakan dengan baik dalam melayani tamu. Sedangkan untuk meningkatkan profesionalisme room attendant, diadakan pelatihan rutin setiap satu bulan sekali dengan materi mental dasar karyawan, penampilan dan perilaku karyawan hotel serta pengenalan dan penguasaan product knowledge, pemberian penghargaan berupa piagam dan penambahan bonus terhadap karyawan terbaik, melakukan perbandingan Room Attendant dengan hotel lain yang lebih baik serta adanya sistem pengawasan kerja yang lebih baik dari Supervisor Room. Kesimpulan bahwa kendala-kendala yang dihadapi oleh room attendant antara lain masih kurangnya jumlah staff yang tersedia menyebabkan para Room Attendant kurang maksimal dalam melaksanakan pekerjaan terutama pada saat jumlah tamu yang menginap banyak. Solusinya yaitu dibuatkan pembagian jadwal, tempat kerja atau membuat kelompok kerja, juga melakukan perekrutan karyawan baru. Kurangnya koordinasi dan komunikasi antar staff juga menyebabkan tidak maksimalnya suatu perkerjaan sehingga dapat menimbulkan complain dari tamu. Solusinya adalah dengan mengadakan briefing secara intensif dari senior kepada junior sebelum dan sesudah pergantian shift. Kendala yang lain adalah keterbatasan linen bersih yang tersedia, menyebabkan complain dari tamu yang menginap dihotel. Solusinya adalah dengan mengadakan briefing secara intensif dari linen attendant degan pihak laundry yang digunakan hotel PNB. Kata kunci: SOP Room Attendant, profesionalisme, kendala

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 16:51
    Last Modified: 12 Dec 2017 16:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37196

    Actions (login required)

    View Item