Penelitian Tindakan untuk Memperbaiki Keterampilan Mengamati pada Siswa SMA melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Sahnaz, Shafila (2017) Penelitian Tindakan untuk Memperbaiki Keterampilan Mengamati pada Siswa SMA melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (511Kb)

    Abstract

    Shafila Sahnaz. K4313064. PENELITIAN TINDAKAN UNTUK MEMPERBAIKI KETERAMPILAN MENGAMATI PADA SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan penelitian adalah untuk memberdayakan keterampilan mengamati siswa kelas XI SMA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa 30 orang yang dipilih melalui teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi keterampilan mengamati siswa, penilaian lembar kerja siswa, dan wawancara. Data utama berupa keterampilan mengamati siswa diukur dari indikator mengidentifikasi perbedaan dan persamaan yang jelas dari objek pengamatan, menggunakan beberapa indera untuk pengamatan, mengidentifikasi perbedaan mendetail dari objek pengamatan, mengidentifikasi apakah objek lebih banyak persaman atau perbedaan, menggunakan alat yang tepat untuk membantu pengamatan, dan mengumpulkan data-data yang relevan.Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis McTaggart. Hasil keterampilan mengamati siswa prasiklus pada indikator mengidentifikasi perbedaan dan persamaan dan indikator menggunakan beberapa indera untuk mengamati mendapat skor rata-rata 45,83, pada indikator mengidentifikasi perbedaan mendetail dan menggunakan alat dengan tepat mendapat skor rata-rata 4,17, pada indikator mengklasifikasi perbedaan atau persamaan mendapat skor rata-rata 25, dan indikator mengumpulkan data yang relevan mendapat nilai 29,17, dengan rata-rata total 25,69. Hasil ini tergolong rendah. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberdayakan keterampilan mengamati siswa, hal ini dibuktikan pada peningkatan hasil keterampilan mengamati siswa pada akhir siklus penelitian. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, inkuiri terbimbing, keterampilan mengamati.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 12 Dec 2017 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37193

    Actions (login required)

    View Item