ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG PADA BPU ROSALIA INDAH

IRAWATI, FENI (2011) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG PADA BPU ROSALIA INDAH. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (954Kb)

    Abstract

    BPU.Rosalia Indah Karanganyar. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa pada BPU.Rosalia Indah karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian survei yang mengambil sampel penumpang BPU.Rosalia Indah sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode pembahasan yang digunakan adalah pembahasan deskriptif yaitu pembahasan yang mencakup karakteristik penumpang bus Rosalia Indah dan metode Importance Performance Analysis yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja BPU.Rosalia Indah Karanganyar. Berdasarkan hasil analisis dimensi kualitas jasa melalui perhitungan Importance performance Analysis, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja cukup besar, ini berarti kualitas pelayanan yang diterima telah memenuhi harapan penumpang dan penumpang merasa puas. Prioritas utama yang perlu diperhatikan pada dimensi tangible yaitu kebersihan dan kerapian fasilitas bus, kemudian pada dimensi assurance yaitu kemampuan sopir dalam mengemudikan kendaraan. Saran dari penulis adalah pada dimensi tangible hendaknya perusahaan lebih memperhatikan kebersihan dan kerapian gedung maupun fasilitas bus serta tata layout yang lebih menarik. Kemudian padar dimensi assurance sebaiknya perusahaan perlu untuk memberikan pelatihan kepada para sopir supaya dalam mengemudikan bus selalu memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 14 Jul 2013 17:27
    Last Modified: 14 Jul 2013 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3719

    Actions (login required)

    View Item