IMPLEMENTASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT DIC ASTRA CHEMICALS

Nilamsari, Nisma (2017) IMPLEMENTASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT DIC ASTRA CHEMICALS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    ABSTRAK IMPLEMENTASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT DIC ASTRA CHEMICALS JAKARTA TIMUR Nisma Nilamsari1, Cr. Siti Utari2 Latar Belakang: Proses kerja di industri petrokimia dengan bahan baku kimia yang diproses dengan suhu dan tekanan tinggi serta mesin-mesin yang berteknologi modern, tentunya memiliki potensi bahaya yang dapat mengakibatkan kerugian terhadap orang, harta benda perusahaan dan lingkungan. Salah satu potensi bahaya dalam industri yang mendapatkan perhatian besar yaitu potensi bahaya kebakaran di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan sistem proteksi kebakaran sebagai upaya pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran di perusahaan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran sistematis dan faktual tentang penerapan sistem proteksi kebakaran sebagai upaya pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran di PT DIC Astra Chemicals Jakarta Timur. Pengambilan data mengenai sistem proteksi kebakaran dilakukan melalui observasi langsung, wawancara kepada tenaga kerja, serta studi kepustakaan. Data tersebut kemudian dibahas dengan membandingkan berbagai peraturan perundangan yang berkaitan dengan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran. Hasil: PT DIC Astra Chemicals telah menerapkan sistem proteksi kebakaran yang meliputi manajemen keselamatan kebakaran, sistem proteksi kebakaran pasif, sistem proteksi kebakaran aktif, serta sarana penyelamatan kebakaran sebagai upaya pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran. Simpulan: Perusahaan telah menerapkan sistem proteksi kebakaran, sehingga dapat mencegah dan mengendalikan kebakaran di semua area perusahaan yang secara umum telah sesuai dengan peraturan dan referensi-referensi terkait. Saran yang diberikan adalah sebaiknya inspeksi rutin terhadap sistem proteksi kebakaran jangkauannya lebih luas lagi yaitu pada sistem pendeteksi kebakaran, pintu dan tangga darurat, serta emergency lamp. Kata Kunci: Sistem Proteksi Kebakaran, Pencegahan Kebakaran, Pengendalian Kebakaran 1. Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 15:13
    Last Modified: 12 Dec 2017 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37176

    Actions (login required)

    View Item