UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN FRAIS DASAR BAGI SISWA KELAS XC JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017

Aidi, Nasrul (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN FRAIS DASAR BAGI SISWA KELAS XC JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (453Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nasrul Aidi. UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORK BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN FRAIS DASAR BAGI SISWA KELAS XC JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujun penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa kelas XC SMK Warga Surakarta pada mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Work Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa. Kreativitas pada prasiklus memperoleh 47% dan keterampilan belajar memperoleh 47%. Pada siklus I kreativitas memperoleh 73% dan keterampilan belajar memperoleh 71%. Pada siklus II kreativitas memperoleh 88%dan keterampilan belajar memperoleh 78%. Penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar dalam mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar bagi siswa kelas XC SMK Warga Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Work Based Learning, kreativitas, keterampilan belajar, dan mesin frais.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 12 Dec 2017 15:06
    Last Modified: 12 Dec 2017 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37174

    Actions (login required)

    View Item