Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Struktur pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

RAMADHAN, BUKHARI (2017) Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Struktur pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (198Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Growth, Risiko Bisnis, dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016) Bukhari Ramadhan F1215018 Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, dan likuiditas terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria: perusahaan selalu melaporkan laporan keuangan tahunan dan memiliki data keuangan yang lengkap untuk tahun 2012-2016, serta tidak pernah mengalami kerugian. Dengan metode tersebut, terdapat 55 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, (2) profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, (4) growth tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, (5) risiko bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, (6) likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perusahaan menetapkan struktur modal diharapkan ikut mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga struktur modal yang terbentuk adalah struktur modal yang optimal Kata Kunci : Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Growth, Risiko Bisnis dan Likuiditas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 12 Dec 2017 07:08
    Last Modified: 12 Dec 2017 07:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37164

    Actions (login required)

    View Item